
Deck drain Jalan Tol Palindra menggunakan deck drain cast iron (besi cor) tipe standar. Berikut pembahasan selengkapnya tentang proyek ini.
Tentang Jalan Tol Palindra
Jalan Tol Palindra (Palembang-Indralaya) merupakan jalan tol pertama di Provinsi Sumatera Selatan dan juga merupakan bagian dari Jalan Trans Sumatera. Pembangunan Jalan Tol Palindra bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi kemacetan yang sering terjadi di jalur lalu lintas dari Palembang menuju Kabupaten Ogan Ilir. Selain itu Jalan Tol Palindra juga menjadi bagian dari sarana infrastruktur untuk menunjang perhelatan Asian Games 2018 yang akan digelar di Palembang.
Ruas Jalan Tol Palindra memiliki panjang 22 km yang terdiri dari 3 seksi yaitu Palembang-Pemulutan (7,1 km), Pemulutan-Kota Terpadu Mandiri (4,9 km), dan Kota Terpadu Mandiri-Indralaya (9,9 km).

Kondisi lahan di lokasi pembangunan Jalan Tol Palindra ini didominasi lahan rawa. Sehingga pembangunannya memerlukan teknologi khusus untuk mempercepat proses pembangunan dan juga agar jalan dapat bertahan lama. Salah satu teknologi yang digunakan yaitu preloading dengan Vacum Consolidation Method (VCM).
VCM merupakan teknologi yang bertujuan untuk mempercepat penurunan tanah dan meningkatkan daya dukung tanah yang lunak dengan melakukan pemompaan vakum pada tanah untuk mengurangi kadar air dan udara dalam butiran tanah sehingga tanah cepat padat dan jalan tidak mudah amblas.
Proyek Deck Drain Jalan Tol Palindra
Sistem drainase jalan tol juga memiliki peran penting untuk menjaga ketahanan konstruksi jalan. Adanya sistem drainase jalan tol berfungsi untuk mengalirkan air di permukaan menuju ke saluran drainase utama. Dengan demikian air hujan akan cepat mengalir ke saluran drainase dan tidak menimbulkan genangan di jalan tol.

Untuk sistem drainase di Jalan Tol Palindra ini menggunakan komponen drainase berupa deck drain cast iron dengan jumlah 106 unit dan tutup deck drain dengan jumlah 20 unit. Deck drain cast iron dipasang di tepi jalan tol dengan jarak tertentu antara satu deck drain dengan deck drain lainnya. Jumlah kebutuhan deck drain ini disesuaikan dengan panjang jalan tol itu sendiri. Sehingga biasanya setiap jalan tol memiliki jumlah kebutuhan yang berbeda-beda karena memiliki panjang ruas jalan yang berbeda pula.
Dalam memilih deck drain untuk jalan tol juga disesuaikan dengan besarnya debit air di jalan tol. Semakin besar debit air, maka semakin besar pula ukuran deck drain yang akan digunakan.
Leave a Reply