
Deck Drain Jalan Tol Trans Jawa – Infrastruktur memiliki peran penting dalam pembangunan dan kemajuan sebuah wilayah. Sehingga pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan infrastruktur demi kemajuan setiap wilayah di Indonesia. Proyek pembangunan jalan tol merupakan salah satu proyek infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia. Dan salah satunya adalah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Jawa.
Jalan Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa atau dari Jakarta- Surabaya. Jalan Tol Trans Jawa memiliki total panjang ± 615 km yang terdiri dari sembilan ruas yaitu:
- Cikampek-Palimanan (116,5 km)
- Pejagan-Pemalang (20,22 km)
- Pemalang-Batang (39,2 km)
- Batang-Semarang (75 km)
- Semarang-Solo (17,57 km)
- Solo-Ngawi (69,2)
- Ngawi-Kertosono (57,2 km)
- Kertosono-Mojokerto (14,7)
- Mojokerto-Surabaya (36,27)
Dikutip dari detik.com, biaya yang dibutuhkan untuk membangun sembilan ruas tersebut adalah Rp51,41 Triliun. Dana tersebut digunakan untuk biaya pembebasan lahan dan untuk biaya konstruksi jalan tol.
Proyek pembangunan Jalan Tol Trans Jawa ini memiliki manfaat diantaranya:
- Menjadi alternatif penghubung antara sisi barat dengan sisi timur Pulau Jawa.
- Penyebaran pembangunan pemukiman dan kawasan industri di wilayah lain selain ibu kota Jakarta.
- Dapat menekan biaya logistik barang sehingga diharapkan menjadi pendorong kegiatan ekonomi di Pulau Jawa.
Deck Drain Jalan Tol Trans Jawa dari Maria Infiniferro

Maria Infiniferro turut berperan dalam proyek Jalan Tol Trans Jawa dengan menyuplai komponen drainase berupa deck drain cast iron (besi cor). Deck drain digunakan untuk ruas jalan tol berikut ini:
Jalan Tol Trans Jawa ruas Kertosono-Mojokerto terdiri dari empat seksi pengerjaan, yaitu:
- Seksi I : Bandar – Jombang
- Seksi II : Jombang – Mojokerto Barat
- Seksi III : Mojokerto Barat – Mojokerto Utara
- Seksi IV : Kertosono – Bandar
Ruas ini menggunakan 122 unit deck drain cast iron.
Ruas Solo-Kertosono atau ruas Solo-Ngawi dan ruas Ngawi-Kertosono. Ruas Solo-Ngawi terdiri dari tiga seksi pengerjaan yaitu:
- Seksi I : Boyolali – Karanganyar
- Seksi II : Karanganyar – Sragen
- Seksi III : Sragen – Mantingan
Sedangkan ruas Ngawi-Kertosono terdiri dari tiga seksi pengerjaan yaitu:
- Seksi I : Ngawi
- Seksi II : Magetan
- Seksi III : Madiun
Ruas ini menggunakan 133 unit deck drain cast iron.
Ruas Porong-Gempol termasuk dalam jaringan Jalan Tol Trans Jawa jalur tengah. Pada ruas jalan tol ini menggunakan 148 unit deck drain cast iron.
4. Ruas Surabaya – Gempol (Ruas Surabaya – Porong)
Ruas jalan tol ini juga termasuk dalam jaringan Jalan Tol Trans Jawa jalur tengah. Pada ruas Surabaya-Gempol menggunakan 22 pcs tutup deck drain cast iron.
Pada ruas ini menggunakan 68 unit deck drain tipe 1 (lurus) dan 10 unit deck drain leher angsa.
Leave a Reply